Monday, December 02, 2013

Invasi Drone

Drone, pesawat berbaling-baling dengan ukuran kecil dengan pengendali jarak jauh yang disertai asesori kamera video bukan lagi teknologi rahasia militer. Dengan harga kurang dari 4 juta rupiah di Indonesia kita sudah bisa mempunyai drone. Contoh produk AR.Drone buatan Parrot ( http://ardrone2.parrot.com/ )

Diperkirakan kurang dari dua tahun ke depan harga ini akan turun jauh sehingga drone bukan lagi mainan anak orang kaya. Siapapun dapat menggunakannya. Anak-anak akan cepat belajar mengendalikan pesawat mini ini dengan mudah. Namun setiap teknologi, seperti pisau dapat bermata dua, mempunyai kegunaan positif maupun negatif.

Pekerjaan mensurvei daerah-daerah yang sulit terjangkau manusia akan dapat dicapai oleh drone dengan cepat. Korban bencana alam maupun kecelakaan mungkin dapat diketahui lokasinya dengan tepat dan cepat. Penjaga keamanan tidak perlu ronda berjalan kaki atau dengan kendaraan lain. Jika drone digunakan oleh institusi yang kompeten memang akan berguna bagi masyarakat.

Jika melihat drone di atas rumah Anda, apa yang terpikirkan oleh Anda. Mata-mata mau menyadap? Orang iseng mengintip rumah? Ini drone Polisi atau punya anak tetangga Anda? Apa yang akan lakukan? Melemparinya?  Menembak? Menelepon Polisi? Menerbangkan drone Anda sendiri dan melakukan dog-fight?

Mungkin untuk saat ini, seperti hobi aeromodeling, lebih tepat jika bermain dengan drone di lapangan terbuka yang memang dialokasikan bagi penggemar aeromodel.


Post a Comment